Balada Visa Australia

Well, sebelum melanjutkan postingan sebelumnya sedikit flashback kisah kasih disekolah eh maksudnya perjalanan saya sebelum akhirnya bisa duduk manjah di bangku antrian VFS Global buat apply visa. Pergalaun dimulai ketika saya mengetahui bahwasanya ke Australia ternyata butuh VISA, yah saya pikir restu ibu saja sudah cukup buat masuk Australia nyatanya tidak. Selanjutnya saya mulai gerilya di aneka grup travelling di facebook buat nyari orang orang yang udah pernah mengulas bagaimana cara apply visa Australia. Mulai dari ngecek file satu satu sampai pencarian mudah menggunakan hashtag. Ketemulah beberapa facebook ID yang sudah pernah share pengalaman mereka apply Visa australia. Bermodal sok kenal sok deket saya chat beberapa facebook ID tersebut dan beruntungnya ada loh yang membalas. Beragam hal saya tanyakan mulai dari syaratnya apa aja, susah nggak applynya hingga memohon dukungan bak lagi ikutan lomba dan butuh banyak likes. For Your Information, bahkan sampai detik ini saya belum pernah jumpa lho dengan facebook ID yang sudah saya tanya macam macam itu. Jadi benar adanya kata peribahasa malu bertanya sesat di jalan (banyak tanya juga malu maluin sih hahaha), so buat rekan rekan sekalian jangan malu bertanya hanya karena belum kenal, yah itung itung nambah sodara. Cerita berlanjut ketika saya menceritakan kegilaan saya mau minggat ke Australia tiba tiba ini ke salah satu teman saya hingga jumlah saldo tabungan saya yang secimit itupun tak luput saya ceritakan. Pasalnya, habis nanya sana sini dan baca sana sini rata rata pada bilang kalau saldo tabungannya musti mencukupi biar visanya approved. Makin galau kan saya jadinya. Berhubung kalau soal jalan jalan teman saya ini juga sama gilanya kaya saya tapi mendengar jumlah tabungan yang secimit itu antara nekat dan bodoh juga sih menurut dia. Jadilah dengan kebaikan hatinya, dia mentransfer sejumlah uang yang sudah kami sepakati untuk kadar kepantasan penunggu tabungan saya buat apply visa. Jangan kalian pikir kadar kepantasan ini sampai puluhan juta ya, sama sekali nggak. Jadi saldo tabungan saya ketika itu cuma sekitar Rp 600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) kemudian teman saya men top up Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah) sampai proses pengurusan visa selesai. Sampai sini mungkin kalian masih berpikir yah mungkin ini orang cuma 4 (empat) hari aja kali di Australianya makanya cuma top up tabungan segitu. Kalian salah berarti kalau mikir gitu, soalnya saya akan terlunta lunta di Australia selama 9 (sembilan) hari. Gila yah?emang!.

Okay next, setelah aplikasi visanya saya serahkan ke VFS Global, jadilah saya tinggal banyak doa dan berbuat kebaikan ajalah ya, karena siapa tau rejeki bisa liat koala sama kangguru nggak hanya dari sampul buku. Sehari setelahnya saya mendapatkan SMS dan email dari VFS Global bahwasanya aplikasi visa saya sudah mendarat di kedutaan besar Australia dan itu hari jumat yang berarti sabtu minggu libur dan seninnya baru akan diproses sama kedutaannya. Bhaiqlah sabtu minggu ini pastinya saya bakal nggak doyan makan dan ngga bisa tidur mikirin nasib visa saya gimana (hellaw, yang ada kisah asmara yang dipikiran mau dibawa kepelaminan atau mau udahan aja, ini malah visa bae dipikirin). Sembari nunggu kepastian saya diterima atau enggak (visanya maksudnya), maka saya putuskan buat cari korban selanjutnya. Saya cari cari teman baik yang dikenal ataupun tidak yang sudah pernah lebih dulu menyambangi negeri kangguru itu. Tujuannya buat apa?buat nanya nanya gimana caranya saya irit selama disana mengingat saya nggak ada duid banyak kala itu buibuk. Alhamdulillah emang dasar rejeki anak sholeh, temen temen saya ini baik baik banget, bahkan sampai ada yang ngirim file yang isinya pengeluaran waktu dia dulu kesana. Setidaknya ini bisa menggambarkan seberapa mahal hidup disana. Selain itu juga beragam tips mereka berikan agar supaya saya bisa bertahan hidup pas pasan disana.

Sabtu, Minggu, Senin berlalu…

Resah?ya mau gimana lagi ini bagian dari kehidupan yang harus saya jalani (apadeh wak hahaha). Hari selasa tiba, inget banget waktu itu habis makan siang kongkow kongkow cantique sama temen temen kantor buat sok sokan tegar bilang “nothing to lose ajalah ya, dapet visanya ya berangkat ngga dapet ya belum rejeki” padahal mah dalam hati deg degannya ngalah ngalahin mau sidang tugas akhir wak. Tiba tiba aja itu siang bolong ada notif email masuk di handphone saya, saya pikir dari online shop yang isi emailnya kurang lebih promo gratis ongkir ke seluruh Indonesia atau lagi diskon ngabisin stok. Tak dinanya dan tak diduga ternyata emailnya dari immigration.jakarta@dfat.gov.au mak jang jantung rasanya turun kedengkul ngeri ngeri sedep bukanya, karena ditolak itu sebuah kenyataan pahit, makanya takut mau bukanya. Antara mau buka aja atau mau buka banget akhirnya mengukuhkan saya untuk ngeklik itu notifikasi email dan ternyata isi emailnya intinya visa saya APPROVED. Sumpah ngga nyangka banget dengan persiapan yang udah kaya tahu bulat digoreng dadakan lima ratusan dan dengan modal yang secimit ituh ternyata visa approved.

Begitulah bunyinya isi email yang bikin saya pengen goyang bareng Via Vallen. Bebarengan dengan email itu juga dilampirkan visa saya. Rasanya pengen nangis kaya Kevin Liliana pas menang Miss International 2017. Pas udah saya buka visanya langsung saya capture dan saya kabarin ke temen saya yang setia menemani kegundahan saya selama proses pengajuan visa ini. Bodohnya saya adalah saya cuma baca kata 3 months nya aja yang ternyata teman saya jauh lebih jeli dan mengkoreksi bahwasanya saya dapat visa multiple entry yang masa berlakunya 3 (tiga) tahun dan batas waktu sekali kunjungan itu 3 months. Nah, yang saya baca cuma 3 months nya aja, emang dasar kurang a*ua. Pas dikasih tau rasanya saya pengen goyang bareng Nella Kharisma juga deh, kok ya Kedutaan Besar Australia baik banget sama saya ngasih visa multiple entry. Saya yakin karena saya nax baik baik dan berkat doa teman teman sekalian. Doa ibu?belum tau karena saya belum juga ngasih tau mau minggat ke Australia.

Bersambung ya hahaha.. :*

 

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.